SATUAN ACARA PERKULIAHAN (SAP)

 

 

 

MATA KULIAH                               : BIMBINGAN PENGEMBANGAN IBADAH

BOBOT                                              : 2 SKS (14 Kali Tatap Muka)

SEMESTER                                        : III (Tiga)

JURUSAN                                          : Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)

TAHUN AJARAN                             : 2023/2024

DOSEN PENGAMPU                       : ZAENAL MUHTADIN, M.Ud.

PERGURUAN TINGGI                    : STAI PUI MAJALENGKA                                                

 

 

DESKRIPSI MATA KULIAH

Mata kuliah ini membahas pengetahuan teoritik tentang bimbingan pengembangan ibadah, teknik bimbingan ibadah AUD, syarat-syarat serta aspek- aspek  yang harus diperhatikan dalam bimbingan ibadah AUD, dan cara atau methode bimbingan ibadah AUD.

 

Setelah selesai mengikuti perkuliahan ini diharapkan mahasiswa memiliki pengetahuan tentang bimbingan pengembangan ibadah AUD dan dapat merekayasa media yang inovatif, variatif, menarik dan kontemporer serta memanfaatkannya dalam bimbingan ibadah AUD.

 

STANDAR KOMPETENSI

Menjadi guru yang terampil (profesional) dalam memilih,  menggunakan/ memanfaatkan, dan membimbing ibadah untuk AUD.

 

 KOMPETENSI DASAR

1.      Memahami konsep umum tentang Bimbingan Pengembangan Ibadah AUD

2.      Memahami Landasan dan dasar dalam Bimbingan Pengembangan Ibadah AUD

3.      Menguasai Metode/ Strategi dalam Bimbingan Pengembangan Ibadah AUD

4.      Mengetahui Penggunaan IT dalam Bimbingan Pengembangan Ibadah AUD

5.      Memilih teknologi dan media dalam Bimbingan Pengembangan Ibadah AUD

6.      Dapat Mempraktek dan mengajarkan Ibadah kepada AUD

 

 MATERI KULIAH

Temu

Materi Kuliah

Metode

1

Konsep Umum, Silabus dan Kontrak Perkuliahan Bimbingan Pengembangan Ibadah

Interactive Lecturing

2

Landasan dan dasar dalam Bimbingan Pengembangan Ibadah AUD

SGD

3

Tujuan dan Fungsi Bimbingan Pengembangan Ibadah AUD

SGD

4

Metode/ Strategi dalam Bimbingan dan Pengembangan Ibadah AUD

SGD

5

Jenis-jenis Bimbingan Pengembangan Ibadah AUD

SGD

6

Media dan pendekatan dalam Bimbingan Pengembangan Ibadah AUD

SGD

7

Memahami periodisasi perkembangan anak dan pemanfaatanya dalam pendidikan

SGD

UTS (Ujian Tengah Semester)

 

8

Penggunaan IT dalam Bimbingan Pengembangan Ibadah AUD

SGD

9

Bimbingan etika berpakaian untuk beribadah AUD

SGD

10

Praktek Bimbingan belajar berwudhu AUD

SGD

11

Praktek Bimbingan belajar ibadah shalat AUD

SGD

12

Praktek Bimbingan menghafal do’a pada AUD

SGD

13

Praktek Bimbingan Baca Tulis al-Qur’an (BTQ) AUD

SGD

14

Solusi Bimbingan AUD yang berkesulitan dalam belajar ibadah

SGD

UAS (Ujian Akhir Semester)

 

 

STRATEGI PERKULIAHAN

Perkuliahan ini menggunakan strategi pembelajaran mahasiswa aktif (active learning) dengan berbagai strategi alternatif dalam pembelajaran. Mahasiswa akan melakukan berbagai aktivitas dan tugas agar mereka belajar secara mendalam, karena pembelajaran ini berorientasi kepada mahasiswa (student oriented). Metode ceramah diusahakan untuk diminimalisir.

Selaian  itu kegiatan perkuliahan, lebih banyak didasarkan pada collaborative learning, meskipun demikian individual learning tetap akan digunakan sesuai dengan tujuan dan materi yang dipelajari. Untuk itu, “alternatif strategi” perkuliahan yang digunakan di antaranya sebagai berikut:

1.      Interactive Lecturing

2.      Presentation & Active Debate

3.      Dialog dan Tanya Jawab

4.      Small Group Discusion (SGD)

5.      Studi kritis

  

KOMPOSISI PENILAIAN

Aspek penilaian

Prosentase

Ujian akhir semester  

30 %

Ujian tengah semester

30 %

Tugas dan presentasi

15 %

Keaktifan & perilaku dalam kelas

15 %

Kehadiran

10 %

Total

100 %

 

FORMAT PENUGASAN

Tugas berupa pembuatan makalah dengan pedoman sebagai berikut:

1.      Teknik penulisan sesuai dengan standar yang berlaku

2.      Format Makalah: diketik dengan spasi 1,5 dengan font: Times New Roman, Ukuran 12, Batas Kiri: 4 Cm, Atas: 4 Cm, Kanan: 3 Cm, Bawah: 3 Cm, Menggunakan Footnote dan kertas A4.

3.      Jumlah halaman 9-20 halaman (minus cover, daftar isi, daftar pustaka)

4.      Konten: Bab I: Pendahuluan: Latar Belakang dan Rumusan Masalah. Bab II: Pembahasan. Bab III: Kesimpulan, Saran, Daftar Kepustakaan

5.      Daftar Pustaka minimal 5 buah referensi berupa Buku, makalah, dan essay yang berkaitan dengan Materi Pokok Bahasan

6.      Penilaian mencakup penyajian, bobot materi, kesiapan presentasi, keaktifan penyaji dalam menanggapi&kemampuan berargumentasi. Bagi Audiens yang aktif dalam diskusi juga mendapatkan nilai.

 

BAHAN BACAAN

1.      Setiawati, dan Ima Ni’mah Chudari. 2007. Bimbingan dan Konseling. Bandung: UPI Press.

2.      Abin Syamsudin Makmun. 2000. Psikologi Kependidikan. Bandung: Rosda Karya.

3.      Ahmad Jutnika Nurihsan. 2005. Pengantar Bimbingan dan Konseling. Bandung: Rosda Karya.

4.      Muro, J James and Kotman, Ferry. 1995. Guidance and Counseling in Elementatary School. USA : McGraw-hill.



Disusun oleh :

Diperiksa oleh :

Disahkan oleh :

Dosen pengampu

 

 

 

 

Zaenal Muhtadin, M.Ud.

 

Penanggung jawab keilmuan

 

 

 

 

…………………………

Ketua Program Studi

 

 

 

 

…………………………

 

Share on Google Plus

About Zaenal Muhtadin

Adalah Sebuah keputusan This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment