SATUAN ACARA PERKULIAHAN (SAP)
MATA KULIAH :
BIMBINGAN PENGEMBANGAN IBADAH
BOBOT :
2 SKS (14 Kali Tatap Muka)
SEMESTER :
III (Tiga)
JURUSAN :
Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
TAHUN AJARAN :
2023/2024
DOSEN PENGAMPU :
ZAENAL MUHTADIN, M.Ud.
PERGURUAN TINGGI :
STAI PUI MAJALENGKA
DESKRIPSI MATA KULIAH
Mata kuliah ini
membahas pengetahuan teoritik tentang bimbingan pengembangan ibadah, teknik bimbingan
ibadah AUD, syarat-syarat serta aspek- aspek
yang harus diperhatikan dalam bimbingan ibadah AUD, dan cara atau
methode bimbingan ibadah AUD.
Setelah selesai
mengikuti perkuliahan ini diharapkan mahasiswa memiliki pengetahuan tentang bimbingan
pengembangan ibadah AUD dan dapat merekayasa media yang inovatif, variatif,
menarik dan kontemporer serta memanfaatkannya dalam bimbingan ibadah AUD.
STANDAR
KOMPETENSI
Menjadi guru yang
terampil (profesional) dalam memilih, menggunakan/ memanfaatkan, dan membimbing
ibadah untuk AUD.
KOMPETENSI DASAR
1.
Memahami
konsep umum tentang Bimbingan Pengembangan Ibadah AUD
2.
Memahami
Landasan dan dasar dalam Bimbingan Pengembangan Ibadah AUD
3.
Menguasai
Metode/ Strategi dalam Bimbingan Pengembangan Ibadah AUD
4.
Mengetahui
Penggunaan IT dalam Bimbingan Pengembangan Ibadah AUD
5.
Memilih
teknologi dan media dalam Bimbingan Pengembangan Ibadah AUD
6.
Dapat
Mempraktek dan mengajarkan Ibadah kepada AUD
Temu |
Materi Kuliah |
Metode |
1 |
Konsep Umum, Silabus dan Kontrak Perkuliahan Bimbingan
Pengembangan Ibadah |
Interactive Lecturing |
2 |
Landasan dan dasar dalam Bimbingan Pengembangan Ibadah AUD |
SGD |
3 |
Tujuan dan Fungsi Bimbingan Pengembangan Ibadah AUD |
SGD |
4 |
Metode/ Strategi dalam Bimbingan dan Pengembangan Ibadah AUD |
SGD |
5 |
Jenis-jenis Bimbingan Pengembangan Ibadah AUD |
SGD |
6 |
Media dan pendekatan dalam Bimbingan Pengembangan Ibadah AUD |
SGD |
7 |
Memahami periodisasi perkembangan
anak dan pemanfaatanya dalam pendidikan |
SGD |
UTS (Ujian Tengah Semester) |
|
|
8 |
Penggunaan IT dalam Bimbingan Pengembangan Ibadah AUD |
SGD |
9 |
Bimbingan etika berpakaian untuk beribadah AUD |
SGD |
10 |
Praktek Bimbingan belajar berwudhu AUD |
SGD |
11 |
Praktek Bimbingan belajar ibadah shalat AUD |
SGD |
12 |
Praktek Bimbingan menghafal do’a pada AUD |
SGD |
13 |
Praktek Bimbingan Baca Tulis al-Qur’an (BTQ) AUD |
SGD |
14 |
Solusi Bimbingan AUD yang berkesulitan dalam belajar ibadah |
SGD |
UAS (Ujian Akhir Semester) |
|
STRATEGI PERKULIAHAN
Perkuliahan ini
menggunakan strategi pembelajaran mahasiswa aktif (active learning)
dengan berbagai strategi alternatif dalam pembelajaran. Mahasiswa akan
melakukan berbagai aktivitas dan tugas agar mereka belajar secara mendalam,
karena pembelajaran ini berorientasi kepada mahasiswa (student oriented).
Metode ceramah diusahakan untuk diminimalisir.
Selaian itu kegiatan perkuliahan, lebih banyak
didasarkan pada collaborative learning, meskipun demikian individual
learning tetap akan digunakan sesuai dengan tujuan dan materi yang dipelajari.
Untuk itu, “alternatif strategi” perkuliahan yang digunakan di antaranya
sebagai berikut:
1.
Interactive Lecturing
2.
Presentation & Active Debate
3.
Dialog
dan Tanya Jawab
4.
Small
Group Discusion (SGD)
5.
Studi
kritis
KOMPOSISI
PENILAIAN
Aspek
penilaian |
Prosentase |
Ujian
akhir semester |
30 % |
Ujian
tengah semester |
30 % |
Tugas
dan presentasi |
15 % |
Keaktifan
& perilaku dalam kelas |
15 % |
Kehadiran |
10 % |
Total |
100 % |
FORMAT
PENUGASAN
Tugas berupa
pembuatan makalah dengan pedoman sebagai berikut:
1.
Teknik
penulisan sesuai dengan standar yang berlaku
2.
Format
Makalah: diketik dengan spasi 1,5 dengan font: Times New Roman, Ukuran 12,
Batas Kiri: 4 Cm, Atas: 4 Cm, Kanan: 3 Cm, Bawah: 3 Cm, Menggunakan Footnote
dan kertas A4.
3.
Jumlah
halaman 9-20 halaman (minus cover, daftar isi, daftar pustaka)
4.
Konten:
Bab I: Pendahuluan: Latar Belakang dan Rumusan Masalah. Bab II: Pembahasan. Bab
III: Kesimpulan, Saran, Daftar Kepustakaan
5.
Daftar
Pustaka minimal 5 buah referensi berupa Buku, makalah, dan essay yang berkaitan
dengan Materi Pokok Bahasan
6.
Penilaian
mencakup penyajian, bobot materi, kesiapan presentasi, keaktifan penyaji dalam
menanggapi&kemampuan berargumentasi. Bagi Audiens yang aktif dalam diskusi
juga mendapatkan nilai.
BAHAN BACAAN
1. Setiawati,
dan Ima Ni’mah Chudari. 2007. Bimbingan
dan Konseling. Bandung: UPI Press.
2.
Abin Syamsudin
Makmun. 2000. Psikologi Kependidikan.
Bandung: Rosda Karya.
3.
Ahmad Jutnika
Nurihsan. 2005. Pengantar Bimbingan dan
Konseling. Bandung: Rosda Karya.
4. Muro,
J James and Kotman, Ferry. 1995. Guidance
and Counseling in Elementatary School. USA : McGraw-hill.
Disusun
oleh : |
Diperiksa
oleh : |
Disahkan
oleh : |
Dosen
pengampu Zaenal
Muhtadin, M.Ud. |
Penanggung
jawab keilmuan ………………………… |
Ketua Program
Studi ………………………… |
Blogger Comment
Facebook Comment