Langkah Awal Memulai Usaha



Tertarikkah Untuk Memulai Usaha?
Ternyata masih banyak orang yang bingung dengan langkah awal untuk bisa memulai usaha. Jangan bingung, bagi pemula itu sesuatu hal yang wajar, mari kita coba bahas langkah-langkah awal memulai bisnis, seperti kapan waktu yang tepat untuk memulai usaha, bagaimana memilih ide usaha dan apakah usaha tersebut berisikokah ?.

Kapan Sebenarnya Waktu Yang Tepat Memulai Bisnis?
Banyak orang selalu bertanya-tanya, apakah saat ini adalah waktu yang tepat atau tidak, untuk memulai suatu ide bisnis ? Kalau tidak, lalu kapan ?
Karena selalu bertanya-tanya, bukannya malah action, akibatnya mereka tidak pernah bisa untuk memulai bisnisnya.

"Faktanya adalah, benar-benar tidak pernah ada waktu yang begitu buruk untuk bisa memulai sebuah bisnis.


  1. Mengapa orang-orang selalu memulai bisnis dalam masa ekonomi yang kuat?. Karena faktanya pada masa ekonomi sedang baik, banyak orang yang memiliki uang dan mereka mencari cara untuk bagaimana menghabiskannya. Memulai bisnis dengan kondisi ini, Anda harus lebih gesit dan agresip. Jika tidak, Anda bisa ditinggal pelanggan Anda.
  2. Tapi untuk sebagian orang pintar, meluncurkan bisnis dalam masa ekonomi yang tidak pasti atau sulit, itu bisa menjadikan suatu pembuka jalan. Kondisi ini cocok untuk Anda yang ingin bekerja tidak terburu-buru. Anda seperti sedang mengerjakan pekerjaan rumah (PR). Sehingga begitu kondisi ekonomi mulai membaik, bisnis Andalah yang paling siap menerima pelanggan yang sudah banyak duitnya.
  3. Bagi kaum pekerja, sebelum masa pensiun tiba mereka sudah membekali diri dengan berbagai keterampilan, keahlian dan pengalaman berbisnis. Begitu siap menjalankan bisnis sendiri, ia tinggalkan pekerjaannya (pensiun) sebagai pegawai untuk segera mengurus bisnisnya sendiri.
  4. Bagi Anda yang kaum pelajar, memulai bisnis tidak harus menunggu menjadi sarjana. Sekolah itu penting, pendidikan disekolah diperlukan untuk mempelajari ilmu-ilmu bisnis lainnya yang lebih khusus. Di jaman informasi ini banyak pengusaha muda yang menjadi pengusaha terkenal dan terkaya didunia sebelum ia menyelesaikan sekolahnya.
Memulai Bisnis Tidak Harus Dengan Ide Baru.
Untuk memulai suatu usaha, umumnya mereka berpikir kita harus datang dengan sesuatu yang tidak pernah dilakukan orang sebelumnya, yaitu harus berupa penemuan ide baru seperti produk baru dan hebat, tidak mudah ditiru pesaing dll. Jika tidak dengan sesuatu yang baru, mereka takut tidak berhasil, jika sesuatu yang sudah ada mereka takut gagal karena kalah bersaing.

"Sebagai pemula, lupakanlah sementara dulu untuk menciptakan sesuatu ide bisnis yang belum pernah ada didunia ini, itu hanya membuang-buang waktu Anda saja.

Kenyataannya orang-orang memulai sebuah bisnis, selalu datang dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan seperti :
  1. “Bagaimana cara meningkatkan usaha ini?” atau
  2. “Bisakah saya melakukan usaha ini lebih baik ?” atau
  3. “Mampukah saya melakukan ini berbeda dari orang lain ?” Atau hanya,
  4. “Apakah ada pangsa pasar yang tidak dilayani, untuk berbisnis dalam kategori ini?” atau
  5. “Bisakah sistemnya saya buat lebih baik lagi ?” atau
  6. “Jika tempat usaha seperti ini dibuat lebih menarik, akankah pengunjung bertambah ?” atau
  7. “Wah kalau usaha seperti ini saya bawa kekampung halaman saya, akan cocokkah ?” atau
  8. “Jika kemasan produk ini dibuat lebih baik dan menarik, apakah pelanggah akan lebih tertarik ?” dst..

Dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan dari ide-ide usaha yang Anda dapatkan atau permasalahan usaha yang Anda temui dilapangan. Anda dapat menemukan ide pilihan dan dapat menyesuaikan waktu, produk, tempat, sistem serta komunitas Anda. Anda harus menambahkan kreativitas Anda sendiri untuk menjadi suatu konsep yang menjadi lebih baik.

"Ingat kenyataannya, menyesuaikan konsep bukanlah pilihan; itu adalah suatu keharusan jika Anda ingin bisnis Anda untuk menjadi lebih baik dan menjadi sukses.

Bisnis Itu Tidak Berisiko, Yang Berisiko Adalah Anda.
Semua orang akan memberitahu Anda tentang besarnya risiko untuk memulai bisnis Anda sendiri. Dan kata risiko itu bisa saja membuat Anda untuk berpikir panjang untuk bisa memulai ide bisnis Anda. Atau demam dan malah bisa menghentikan niat Anda berbisnis.

"Tentu, memulai sebuah bisnis itu berisiko,itu jika Anda tidak mempersiapkan diri mengenai keahlian dan keterampilan yang diperlukan untuk ide usaha tersebut.

Jika Anda dengan hati-hati mempertimbangkan apa yang Anda lakukan, membuat perencanaan usaha yang baik, perlunya mendapatkan bantuan ketika Anda membutuhkannya, tidak pernah berhenti untuk bertanya-tanya pada ahlinya, dan tentunya Anda harus tekun dan sungguh-sungguh bekerja.

"Maka semua kerja keras Anda itu akan dapat mengurangi risiko yang akan timbul dari usaha Anda.

Kemauan untuk menentukan apa yang ingin Anda lakukan adalah hanyalah langkah awal. Anda masih punya banyak pekerjaan rumah yang harus Anda lakukan, banyak penelitian yang menunggu di depan Anda. Usaha saya bisa dikenal banyak pelanggan setelah masa 3 – 4 tahun berjalan, itu karena saya kurang agresip. Ikuti terus pengalaman saya di sulitnih.com – sulitnya memulai usaha.



Share on Google Plus

About Zaenal Muhtadin

Adalah Sebuah keputusan This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment