Waspadai Kanker Serviks Sejak Dini

Oleh: Lailatul Asfiyah&Novia Rita Putri*

Kanker Serviks atau yang disebut juga sebagai kanker mulut rahim. Serviks ini, salah satu penyakit kanker yang paling banyak ditakuti kaum wanita. Berdasarkan data yang ada, dari sekian banyak penderita kanker di Indonesia, penderita kanker serviks mencapai sepertiganya. Dan WHO mencatat, setiap tahun ribuan wanita meninggal karena penyakit kanker serviks ini. Jenis kanker ini menempati peringkat teratas sebagai penyebab kematian wanita di dunia.

Gejala Kanker Serviks
Mengalami keputihan yang tidak normal di sertai dengan pendarahan dan jumlah yang berlebih, sering merasakan sakit pada pinggul, mengalami sakit saat buang air kecil, pada saat menstruasi darah yang keluar dalam jumlah yang berlebih, saat perempuan mengalami stadium lanjut mengalami rasa sakit pada bagian paha atau salah satu paha mengalami bengkak, nafsu makan menjadi kurang, berat badan tidak stabil, susah buang air kecil, mengalami perdarahan spontan.

Penyebab Kanker Serviks
Kanker Serviks disebabkan oleh human papilloma virus (HPV), kebiasaan hidup yang kurang baik, merokok, berganti-ganti pasangan ketika melakukan hubungan intim, kurangnya asupan vitamin terutama vitamin C dan E, dan kurangnya asupan asam folat.

Cara Pencegahan
Untuk mencegah Kanker Serviks, bisa dilakukan pemberian vaksin kanker serviks, mendeteksi dengan pap smear, jauhi merokok, menghindari diet tidak seimbang, hindari produk kimia berbahaya, biasakan gaya hidup sehat, dan menghindari seks bebas.

Tips Pemeriksaan Pap Smear
Pemeriksaan ini, dilakukan kepada perempuan yang sudah melakukan hubungan seksual, tidak melakukan hubungan intim 72 jam (3 hari) sebelum pemeriksaan, sebaiknya di luar menstruasi, pasien yang baru melakukan persalinan sebaiknya datang 6-8 minggu kemuadian, tidak sedang infeksi berat seperti keputihan yang sangat banyak.

*Penulis adalah mahasiswi D-III Kebidanan Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Awal Bros Batam
Share on Google Plus

About Zaenal Muhtadin

Adalah Sebuah keputusan This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment