Jauhi Miliaran Penyakit dengan Bervegetarian


Oleh: Chintya Cen&Janofah Chini Werly Santika

Vegetarian? Bukan lagi hal yang asing bagi masyarakat, pastinya penduduk Indonesia pun sudah lumayan banyak yang menerapkan hidup sehat bervegetarian. Namun, tak sedikit masyarakat yang belum memahami apa saja keuntungan yang diperoleh dari pola hidup vegetarian, terlebih pada kesehatan. Justru banyak masyarakat yang sengaja menutup diri untuk hidup bervegetarian.

Dewasa ini, banyak yang beranggapan jika tidak makan daging (bervegetarian)  maka tubuh akan lemas dan tidak bertenaga. Namun tahukah anda bahwa sumber energi terbesar berasal dari karbohidrat yang diperoleh dari makanan berbasis tumbuhan dan produk susu. Karbohidrat banyak ditemukan pada serealia (beras, gandum, jagung, kentang, biji-bijian dan lainnya).

Hidup bervegetarian adalah kembali ke alam dengan menikmati makanan yang penuh gizi dan protein dari alam sekitar. Selain sudah jelas menyehatkan tubuh, ternyata bervegetarian dapat membuat tubuh menjadi prima, emosi menjadi stabil, kulit menjadi lebih halus, peredaran darah menjadi lancar, dan tentu mencegah berbagai penyakit yang berujung pada kematian.

Menjadi vegetarian tidaklah semudah membalikan telapak tangan anda. Tentu membutuhkan niat dan tekad yang kuat. Namun jika anda bisa bervegetarian ada sederet bonus yang mengikuti anda, seperti :

1. Kesehatan jantung terjaga

Penyakit jantung merupakan salah satu penyakit mematikan yang semakin lama semakin banyak memakan korban. Salah satu penyakit jantung yang sering terjadi adalah penyakit jantung koroner. Penyakit ini disebabkan oleh penyempitan pembuluh darah kecil yang memasok darah dan oksigen ke jantung. Penyempitan pembuluh darah terjadi karena adanya pembentukan plak yang berasal dari lemak jenuh atau kolestrol jahat. Kolestrol jahat atau lemak jenuh banyak dapat ditemukan pada makanan yang berasal dari produk hewani seperti telur, hati, daging (sapi, kalkun, babi, domba, ayam, bebek), sea food (udang, kepiting, lobster), mentega, susu, keju, fast food.

2. Terhindar dari ancaman kanker

Dari salah satu penelitian menyebutkan bahwa daging diduga keras berhubungan dengan kanker, terutama kanker payudara pada wanita. Daging mengandung senyawa penyebab kanker yang disebut karsinogenik. Daging yang diasinkan atau daging yang diawetkan mengandung nitrat dan nitrit yang diketahui dapat menyebabkan kanker mulut, esofagus dan perut. Selain itu, daging yang diolah seperti sate dan BBQ juga mengandung sejumlah senyawa penyebab kanker yang dapat dijumpai di asap rokok.

3. Tubuh menjadi lebih langsing

Pada umumnya pelaku vegetarian bertubuh lebih langsing dari pada pemakan daging. Alasannya, sayuran yang kaya akan protein seperti taoge, kacang-kacangan, bayam merah, daun singkong dan daun kacang panjang mengandung lemak dan kalori lebih rendah dari pada makanan yang berasal dari hewani. Tidak heran jika pelaku vegetarian jarang terkena penyakit yang berhubungan dengan kelebihan berat badan, jantung koroner, dan diabetes.

4. Timbunan racun dalam tubuh akan terkuras

Tidak memakan daging dapat membantu membersihkan racun dalam tubuh yang dapat menimbulkan penyakit. Jika anda hendak memulai progam detoksifikasi, langkah pertama yang harus anda lakukan adalah mengganti daging dan produk hewani lainnya dengan buah dan sayuran beserta jus buah maupun jus sayuran. Bahan-bahan tersebut mengandung zat fitokimia yang membantu menghilangkan racun secara alami.

Sudah saatnya kita beralih menjadi pelaku vegetarian agar hidup kita lebih berarti. Ingat kesehatan itu harta yang paling berharga yang kita miliki didunia ini. Jangan sampai makanan yang kita makan merebut hidup kita. Jangan menolak makan makanan vegetarian yang sudah jelas manfaatnya untuk kesehatan tubuh kita. Tidak ada salahnya bukan? bila kita lebih memilih untuk beralih ke makanan vegetarian.

Sudah jelas bahwa makanan vegetarian harganya lebih pas di kantong kita dibandingkan dengan makanan-makanan berlemak. Makanan berlemak (daging hewan) mempunyai lebih dari miliaran kuman penyakit yang sedang membuka mulut mereka untuk siap melahap hidup kita.

Ayo selamatkan diri kita dari miliaran penyakit berbahaya, mari beralih ke vegetarian....! Hidup sehat....? hidup vegetarian...!

Penulis adalah mahasiswi D-III Kebidanan STIKes Awal Bros Batam
Share on Google Plus

About Zaenal Muhtadin

Adalah Sebuah keputusan This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment